Headlines News :
Home » » Fungsi Sistem Operasi Komputer Yang Sebaiknya Kita Ketahui

Fungsi Sistem Operasi Komputer Yang Sebaiknya Kita Ketahui

Written By admin on Senin, 22 Juli 2013 | 08.21

Fungsi Sistem Operasi Komputer - Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian Sistem Operasi Komputer. Namun karena keterbatasan waktu saya belum bisa memberikan bahasan yang lengkap mengenai fungsi dari Sistem Operasi. Ok sesuai janji saya pada postingan sebelumnya pada kesempatan kali ini saya akan membahas Fungsi Sistem Operasi Komputer itu sendiri. 
fungsi-sistem-operasi-komputer

Dan fungsi sistem operasi komputer secara umum adalah sebagai berikut:

1. Sistem Operasi Sebagai Kordinator.
Dalam hal ini sistem operasi berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang kompleks dari perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan agar dapat berjalan sesuai dengan urutan yang benar. Selain mengatur semua aktivitas perangkat lunak, sistem operasi juga bertugas mengatur/mengelola semua aktivitas yang berhubungan dengan hardware, baik input device ataupun output device.

2. Sistem Operasi Sebagai Penghubung.
Sistem operasi komputer berfungsi untuk menyiapkan serta menghubungkan program aplikasi agar dapat berinteraksi dengan perangkat keras secara konsisten dan stabil.

3. Sistem Operasi Sebagai Pelindung.
Hal ini dimaksudkan bahwa salah satu fungsi atau tugas dari sistem operasi adalah untuk memegang kendali proses, melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan dan penulisan serta eksekusi data dan program. Sistem operasi juga dapat berfungsi sebagai pengatur tentang siapa saja yang dapat mengakses file, program dan sistem yang ada di komputer kita.

4. Sistem Operasi Sebagai Interpretasi (penerjemah).
Sistem Operasi berfungsi sebagai penerjemah perintah-perintah dan instruksi-instruksi antara User dan Sistem. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan User (pengguna).

5. Sistem Operasi Sebagai Server (Pelayan).
Hal ini berarti fungsi dari sistem operasi komputer adalah untuk melayani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang user (pengguna).

Itulah beberapa Fungsi dari Sistem Operasi (Operating System) Komputer yang perlu kita ketahui. Bagi Sahabat Komputerisasi yang ingin memberikan tambahan tentang Fungsi dari Sistem Operasi Komputer, silakan manfaatkan kotak komentar di bawah ini
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Home | About Us | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Support : Mas Template | Animasiku | IT Suport | Blogger
Copyright © 2013-2016. Belajar Komputer - All Rights Reserved
Divisi IT SD Negeri 1 Patukangan
Jl. Wali Gembyang No. 21 Patukangan Kendal Pos 51311
E-mail : sd1patukangan@gmail.com | Telpon : +62-294-384450